Wednesday, June 16, 2010

Group E – Matchday 1

Netherlands 2 : 0 Denmark 

Goal: 46'' Daniel Agger (O.G.), 85''Dirk Kuijt (NET)

Belanda selama ini dikenal sebagai tim dengan permainan paling menghibur yang paling ditunggu-tunggu penampilannya di setiap turnamen international dengan gaya permainan yg eksplosif nan menghibur. Pertandingan pertama Belanda di Group E ini jelas masih jauh dari kata menghibur ataupun atraktif, Belanda sendiri malah lebih menampilkan sisi jeleknya dengan banyaknya tekel2 kotor yang bisa berakibat fatal bagi pemain lawan. Beruntung, pemain Denmark tidak ada sampai perlu diderek keluar lapangan dengan tandu, tapi erangan kesakitan para pemain jelas terlihat di lapangan. 

Meskipun demikian, Belanda tahun ini materi pemainnya lebih merata di semua lini dan lebih berimbang, tidak hanya menyerang tanpa mementingkan pertahanan. Nigel de Jong juga memastikan bahwa pemain lawan tidak akan mudah masuk ke dalam jantung pertahanan lawan tanpa dibayang-bayangin tekelan atau pressing ketat dari dia. Mark Van Bommel juga menjadi jangkar penghubung antara lini belakang dengan lini depan, sehingga Wesley Sneijder atau Rafael Van der Vaart tidak perlu susah payah menjemput bola ke bawah, tapi penampilan duo ganteng Belanda ini masih jauh dari penampilan terbaik mereka. 
Justru Dirk Kuijt yang keliatan lebih berbahaya dengan beberapa kali tusukan dan  tembakan jarak jauh yang sedikit banyak merepotkan pertahanan Denmark. 
Gol pertama Belanda murni keberuntungan karena boleh dibilang Simon Poulsen menyundul crossing tanpa ada pressing ketat dari pemain Belanda dan lebih sialnya lagi, bola tersebut mantul mengenai punggung pemain sendiri, Daniel Agger. 
Masuknya Elia dan Afellay di babak kedua sedikit banyak menambah variasi dan kecepatan serangan Belanda yang hilang di babak pertama dan sebuah pergerakan lincah Elia menciptakan gol kedua Belanda yang dicetak oleh Dirk Kuijt. 
Bersorak-sorailah pendukung Liverpool karena dalam pertandingan ini semua gol diciptakan oleh pemain klub yang sudah insaf dengan mendepak sponsor minuman beralkohol dengan bank.
Jika Belanda masih memimpikan trofi Piala Dunia pertama mereka bisa datang ke pangkuan mereka tahun ini, maka mereka sebaiknya segera ke timur mencari obat mujarab untuk menyembuhkan Arjen Robben sesegara mungkin. Tanpa dia, serangan Belanda terasa jauh lebih hambar dan kurang bervariasi, apalagi ditambah dengan belom in nya Wesley Sneijder dan Rafael Van der Vaart. 
Tapi Eljero Elia dengan sentuhan ajaibnya akan mengoyang bursa transfer selepas Piala Dunia ini. 



Japan 1 : 0 Cameroon 

Goal: 39" Keisuke Honda (JPN) 

Gol dari pemain bernama Honda jelas tidak ada hubungannya dengan superioritas Honda di dunia otomotif dunia. Kemenangan Jepang atas Kamerun sedikit banyaknya mengejutkan di Piala Dunia yang terlalu monoton ini, di mana tim Jepang hadir tanpa banyak pemain bintang dan Kamerun dipimpin oleh striker yang baru saja meraih treble winner bersama Inter Milan, Samuel Eto`o. Jepang sejak peluit awal pertandingan berusaha menekan Kamerun dan mencetak gol seawal mungkin dan kemudia bisa bertahan di sisa pertandingan dengan dimotori oleh Daisuke Matsui, bintang lapangan malam itu yang secara konstan meneror barisan pertahanan Kamerun dengan kecepatan dan pergerakannya. 
Dan, gol pertama Jepang lahir dari pergerakannya di sisi kiri pertahanan Kamerun dengan sebuah crossing yang kemudian diselesaikan dengan baik olek Keisuke Honda, satu dari sedikit pemain Jepang yang berlaga di liga eropa musim ini. 
 Gol di akhir babak pertama itu membuat Jepang langsung bertahan total di sepanjang babak kedua dan hasilnya Jepang membukukan kemenangan pertama di Piala Dunia yang digelar di luar negera sendiri. Well done, mantan penjajah kita. 
Kamerun adalah sebuah kekuatan utama Afrika dengan menjadi tim Afrika yang paling banyak tampil di Piala Dunia, 5 kali dari 6 Piala Dunia terakhir. Dan, juga sebagai tim Afrika pertama yang lolos sampai ke babak perempatfinal di Piala Dunia 1990 di mana di partai pembuka mereka mengejutkan dunia dengan mengalahkan juara bertahan Argentina 1-0 dan dunia mulai mengenal pemain eksentrik bernama Roger Milla dan goyangan mautnya. Dengan materi permainan seperti demikian, kita masih bisa mengharapkan Kamerun menghadirkan kejutan kepada kita seperti yang dilakukannya di tahun 1990 tapi tidak dengan penyelesaian akhir seperti di pertandingan kali ini. Samuel Eto'o sangat disayangkan jika hanya difungsikan sebagai penyerang sayap karena kita tahu Samuel Eto'o semasa di Barcelona adalah striker tunggal yang merajai top skor Liga Spanyol berkali-kali. 
Dan foto terbaik sepanjang Piala Dunia 2010 

World Cup ITV Highlight - Day 4 DOWNLOAD

No comments: